Friday

Cave Tubing di Kali Suci


Kalo yang pada tinggal di Jogja dan sekitarnya pas ditanya cave tubing pasti langsung nyambungnya ke Gua Pindul ya??!! Atau mungkin ada yang gak tau Cave Tubing itu apa? Kalo iya, Cave tubing itu adalah salah satu olahraga air yang merupakan perpaduan antara caving dan rafting. Jadi, cave tubing itu, kita menelusuri gua yang ada airnya dengan menggunakan ban karet. Beda dong ama rafting?? sedikit berbeda, kalo rafting kan kita naik perahu karet dan satu perahu ada beberapa orang sedangkan cave tubing kita hanya menggunakan ban karet menelusuri gua dan jeram sungai. Nah, buat yang pengen Cave Tubing di sekitar Jogja nih, saya kasi tau yaa, selain Gua Pindul ada juga tempat yang keren banget buat cave tubing yaitu, Kali Suci. Kali Suci ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di dusun Jetis, desa Pancarejo, kecamatan Semanu dan berjarak 12 km dari kota Wonosari.

Tahun lalu saya akhirnya kesampaian juga buat cave tubing. Kenapa saya lebih milih Kali Suci?? Karena salah seorang teman saya, Yudis yang emang asli Gunung Kidul rumahnya dekat banget sama Kali Suci cuman jalan kaki doang dari rumahnya ke Kali Suci. Kebetulan juga di kampungnya Yudis waktu itu sedang ada Rasulan jadinya kita sekalian deh kesana buat cave tubing.Nah, kalo Rasulan ini adalah salah satu tradisi tahunan yang ada di Gunung kidul. Tradisi ini semacam sebuah pesta rakyat yang diadakan untuk merayakan tibanya masa panen di Kabupaten Gunung Kidul. Biasanya di beberapa desa diadakan berbagai macam pertunjukan, seperti jatilan, ketoprak, hingga arak-arakan gunungan. Selain perayaan dengan berbagai seni pertunjukan, rasulan juga menjadi ajang untuk silaturahmi antar warga. Tiap rumah warga yang merayakan rasulan biasanya disajikan berbagai macam panganan, dan tamu yang berkunjung wajib menyantap hidangan yang telah disediakan oleh tuan rumah. Uniknya perayaan di tiap desa itu dilaksanakan gak secara bersamaan, jadi tergantung desa tersebut mau ngerayain kapan. 

Nah, ketika dusun tempat tinggal Yudis mengadakan rasulan, saya dan beberapa orang teman pun akhirnya berkunjung ke rumah Yudis untuk bersilaturahmi dengan orang tuanya, dan emmmm skalian numpang makan gratis *teteuup otak anak kos*. Karena rasulan di tempat tinggal Yudis jatuh pada hari Jumat, kami berangkat menuju rumah Yudis pada kamis malam. Kamis malam kami berangkat menuju ke Gunung Kidul, tapi sebelumnya kami mampir ke Bukit Bintang buat makan jagung bakar sambil nonton orang pada pacaran, padahal malam jumat lho tapi yang pacaran rame aja. Oke back to the story, setelah makan jagung di Bukit Bintang kami langsung menuju rumah Yudis dan sampai disana sekitar jam 9an. Sesampainya dirumah Yudis kami disuguhi makan oleh Ibunya Yudis *makasi Ibu* dan setelah semuanya kenyang kami langsung menuju sebuah lapangan tempat pertunjukan gamelan dan ketoprak diadakan. Acaranya rame, banyak warga yang berkumpul di lapangan tersebut mulai dari balita sampai orang-orang yang sudah sepuh ngumpul jadi satu, pada lesehan di depan panggung pertunjukan ketoprak. Saya sangat excited, beneran deh seneng banget bisa ke pertunjukan kayak gini, jarang-jarang juga bisa nonton ketoprak dengerin gamelan di tengah kerumunan warga desa. Pertunjukan ketoprak tersebut dilakonkan dalam bahasa Jawa, dan dengan kosa kata bahasa jawa saya yang bisa dibilang pas-pasan, saya berusaha untuk mengerti dengan alur cerita yang dibawakan. Namun karena kecapean dan pada ngantuk kami akhirnya memutuskan untuk kembali kerumah Yudis sebelum pertunjukan ketoprak berakhir.

Besok paginya setelah sarapan, kami berangkat sekitar jam 9an dari rumah Yudis ke basecamp  untuk cave tubing. Berhubung Yudis merupakan salah satu anggota karang taruna di desanya jadilah semuanya Yudis yang ngurusin dan kita tinggal terima jadi aja, datang trus make perlengkapan keselamatan standar untuk cave tubing seperti helm, jaket pelampung, dekker serta ban. Harga per orang untuk Cave Tubing di Kali Suci kalau gak salah adalah Rp 65.000 per orang.  Setelah jalan sambil ngegotong ban, akhirnya  kami sampai di titik start cave tubing.  Baru titik awalnya aja udah keren banget pemandangannya. Ada dua orang 3 pemandu yang ikut bersama kami ditambah dengan Yudis merangkap sebagai fotografer kami .

Selama dua jam kami menyusuri jalur cave tubing mata kami dimanjakan dengan berbagai keindahan, mulai dari pemandangan sekitar sungai hingga ornamen-ornamen dalam gua yang kami lalui. Ada tiga gua yang akan dilewati dalam jalur cave tubing ini yaitu, Gua Suci, Gua Glatikan dan Gua Gelung, ketiganya mempunyai ornamen-ornamen gua yang kereeen banget. Di tengah perjalanan kami juga sempat berhenti di beberapa titik buat foto-foto dan berenang, ga usah khawatir tenggelam kan udah pake pelampung dan airnya ga begitu dalam kok. Buat saya sendiri, dari semua ornamen yang ada, luweng yang ada di Kali Suci yang paling keren. Dan menurut teman saya yang pernah mencoba cave tubing di Goa Pindul, cave tubing di Kali Suci lebih seru karena lebih panjang jalurnya dan lebih banyak ornamen gua yang bisa dilihat. 

Setelah 2 jam menyusuri Kali Suci, kami berenang dan bersantai di Kali Suci selama beberapa saat dan setelah puas kamipun beranjak ke tepian sungai dan mulai menggotong ban yang kami gunakan. Daaan ini nih yang gak dikasih tahu sama Yudis *pengen getok*. Jadiii yaa, kita harus tracking sekitar 50-60 m dengan kemiringan sekitar 450 untuk sampai ke titik finish, Yaowloohh itu beneran capek banget karena medan yang terjal trus karena musim hujan tanjakannya agak becek dan licin, untungnya ada tali yang bisa dijadiin pegangan. Meski medannya lumayan terjal dan licin, mau gak mau kita harus cepat karena dikejar waktu Jumatan. Sesampainya di titik finish, ternyata kami harus jalan ke rumah Yudis, biasanya ada mobil yang menjemput untuk kembali ke basecamp tapi karena rumah Yudis gak jauh kami jadinya langsung jalan kaki ke rumah Yudis.

Nah, buat yang mau nyobain cave tubing di Kali Suci ada baiknya stamina kalian juga dipersiapkan karena Kali Suci ini masih bener-bener alami dan sedikit berbeda dengan Goa Pindul yang telah banyak fasilitas pendukung sehingga kalian harus lebih siap, seperti untuk trekking ke titik finish dan jalan lebih jauh. Namun, percaya deh!!Cave Tubing di Kali Suci worth to try karena selain jalurnya lebih panjang, banyak banget ornamen-ornamen keren sepanjang jalur yang dilalui.

Buat yang pengen ngobain bisa langsung berkunjung dulu ke Blog Kali Suci . Pokoknya seru deh cave tubing di Kali Suci. Nah ini nih beberapa foto-fotonya biar pada ngiler!
Pertunjukan ketoprak 
Siap-siap dulu mau nyebyuuuurrr :) 
Titik awal memulai Cave Tubing, airnya segerrrrr
Ini kalo ga salah jeram pertama yang langsung menuju kedalam goa
Seru banget, masuk dalam gua gelap gitu trus ngeliat ke langit-langitnya banyak ornamen keren
Keren banget kannnnn...
Naik ke sini rada deg-degan licin bener batunya 
YEAY!
Leyeh-leyeh sek
Salah satu jeram yang bikin deg-degan  
Ini pas berhenti buat renang-renang dulu
Hayooo, pengen kan :) 

10 comments:

  1. Hadehhhh .... knp mesti liat ini, jadi ngiler !!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe cobain deh mas cumi, seruuuu banget mas :)

      Delete
  2. Udah masuk dstinasi wajib yang didatengin kalo ke jogja nih..

    ReplyDelete
  3. Wow! Looks crazy! Much different to the tubing in Laos. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, it's crazy yet so much fun :)

      Delete
  4. Sangat beruguna informasinya. Saya senang dapat membaca artikel ini. Apalagi lihat foto-fotonya. Wah ingin segera mencoba.

    ReplyDelete
  5. Kesananya ada bulan-bulan khusus gak? Pas ksana ntar sungainya kering? Hehe

    ReplyDelete
  6. Kalo kesana ada bulan-bulan khusus gak mas ? Ntar pas kesana sungainya kering? Hehe

    ReplyDelete
  7. Kesananya ada bulan-bulan khusus gak? Pas ksana ntar sungainya kering? Hehe

    ReplyDelete
  8. Wah bagus banget goa kalisuci
    semoga pariwisata Indonesia makin maju

    ReplyDelete